Daftar Blog Saya

Sabtu, 24 Desember 2016

Mengatasi Layar Laptop Toshiba Terbagi 3 bagian

Asssalamu'alaikum, wr.wb


Beberapa hari yang lalu saya saya mendapat servisan Laptop Toshiba Satellite C640 yang keyboardnya rusak dan layar atau LCDnya tampilannya terbagi menjadi 3 bagian. Untuk pemasangan keyboard laptop toshiba selesai dalam 5 menit karena tak terlalu sulit menurut saya dibandingkan pemasangan keyboard laptop acer core i3 dengan baut tambahan ke body laptopnya (mesti buat surat komplain nih ... ke acer kok setingan keyboarnya seperti itu, hehehehe ).

Yang menjadi permasalahan bagi saya adalah layar yang terbagi menjadi 3 (kasus perdana nih om). pertama saya menyangka kemungkin driver VGA yang corupt, saya coba reinstall driver, hasilnya nihil (jangkrik, wkwkwk), Install Ulangpun tidak menunjukkan hasil apa-apa (capek dech, wkwkw). setelah surfing saya menemukan titik permasalahannya yaitu upgrade BIOS/ flash BIOS (wow ini kerjaan orang toshiba center biasanya). Tapi dengan tekat yang kuat, semangat yang tinggi, konsep yang matang (hihihiihi) akhirnya permasalahan terselesaikan. Intinya begini sobat jika layar terbagi 3 terjadi setelah berhasil login ke OS ini  kemungkinan besar permasalahannya pada driver VGA yang corupt, dan jika layar terbagi menjadi 3 pertama muncul setelah tombol power dihidupkan (DOS) berarti titik permasalahannya pada BIOS yang harus segera di upgrade. monggo cara dibawah ini :

1. Baca Bismilah, berdo'a pada Allah.swt (ini poin terpenting mennurut saya sobat)
2. Masuk ke toshiba suport dulu http://support.toshiba.com/drivers
3. Ketikan kata kunci C640 BIOS (dalam kasus ini)













4. Instal mantra yang kita download tadi (proses lebih kurang 5 menit)
5. Laptop akan restart otomatis
6. Apa yang terjadi, Alhamdulillah tampilan LCDnya sudah normal.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar